Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Saat telah memasuki usia lanjut seseorang akan memerlukan makanan tertentu yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam rangka untuk memenuhi semua kebutuhan gizi bagi orang tua tersebut, maka disini Anda bisa memberikan menu makanan untuk orang tua yang sehat dan tentunya menarik. Karena bagaimanapun juga kondisi kesehatan tiap-tiap lansia harus dijadikan pertimbangan.

Tips Makanan Untuk Orang Tua?

 

Berikan Makanan yang Memiliki Kandungan Nutrisi Lengkap

Supaya nantinya orang tua bisa memperoleh kualitas hidup yang lebih sehat, maka Anda perlu memberikan makanan sehat dengan nutrisi yang lengkap. Pemilihan terhadap nutrisi ini memang sangatlah penting untuk menjaga agar berat badan orang tua tetap ideal, menguatkan otot dan juga untuk mendukung proses metabolisme di dalam tubuh.

Jenis Makanan yang Mudah Ditelan

Beberapa lansia akan merasa kesulitan ketika mereka harus mengunyah dan juga menelan makanan. Oleh karena itu Anda perlu memberikan olahan makanan yang memiliki tekstur lembut. Untuk melembutkannya Anda bisa memakai food processor atau blender agar bisa menghasilkan tekstur yang halus seperti bubur.

Namun Anda harus mengingat, bahwa menyajikan bubur dari ikan dan daging jangan lupa untuk menghilangkan lebih dahulu tulang-tulangnya. Lakukan hal ini agar nantinya lansia bisa menikmati makanan dengan lebih baik serta terhindar dari duri yang tersangkut saat mereka menelan ataupun mengunyah.

Pola Makan yang Teratur

Pastikan nantinya pola makan orang tua teratur supaya nutrisi di dalam tubuhnya bisa tetap terjaga. Terapkan jadwal makan 3 kali sehari. Upayakan juga supaya tidak melewatkan jam makan agar terhindar dari resiko terjadinya malnutrisi. Selain itu Anda pun dapat membagi porsi makan jadi lebih kecil namun sering.

Selingi juga makanan utama menggunakan cemilan yang sehat seperti buah dengan potongan yang kecil-kecil. Pola makan tersebut akan mencegah orang tua dari kenyang yang berlebih dan menjaga terjadinya perut kembung.

Gunakan Lemak Sehat

Hindari makanan yang memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh seperti mentega ataupun daging sapi. Sekalipun lemak juga penting bagi tubuh sebagai energi tersimpan, namun Anda harus bisa memilih makanan dengan lemak sehat.

Berikan Susu untuk Orang Tua

Saat ini telah terdapat beberapa produk susu yang dikhususkan untuk orang tua. Anda bisa memberikan susu tersebut untuk menambah asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satu produk yang sangat direkomendasikan bagi lansia yaitu susu Ensure.

 

 

RELATED ARTICLES

Membimbing Anak-anak Menuju Kemandirian Finansial

Menabung merupakan keterampilan keuangan yang sangat penting untuk dipelajari sejak dini. Anak-anak yang diajarkan untuk menabung memiliki kesadaran finansial yang lebih baik, mampu mengelola keuangan dengan bijaksana, dan memiliki fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih stabil secara finansial. Dalam tutorial ini, kita akan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *