Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Youtuber Ferdian Paleka kini menghirup udara segara usaiditangkap dan ditahan beberapa bulan lalu. Diketahui, Ferdian Paleka melakukan aksi prank kepada transpuan atau waria dengan cara membagikandus makanan berisi sampah. Ferdian tampak memakai topi, bermasker.

Kedua temannya juga memakai masker serta berjaket. Ketiganya meninggalkan Mapolrestabes Bandung dengan membawa sedan hitam yang digunakannya dalam video prank waria di Jalan Ibrahim Adjie, pada 1 Mei 2020. Kuasa hukum Ferdian dan kawan kawan, Rohman Hidayat mengapresiasi kerja penyidik SatreskrimPolrestabesBandungyang sudah mengabulkan permohonan pembebasan Ferdian.

Sebelumnya, dia mengajukan penangguhan penahanan. "Kasusnya sudah selesai. Pelapor dengan tersangka sudah ada perdamaian. Kasus hukumnya berhenti." "Kasusnya dihentikan karena perdamaian, pelapor mencabut pelaporannya," ujar Rohman.

Ia juga mengucapkan terima kasih untuk para korban prank Ferdian yang direkam video dan diunggah di Youtube yang sudah berbesar hati menerima perdamaian. Perdamaian itu, orang tua Ferdian dan kawan kawan mendatangi para pelapor. "Terima kasih untuk teman teman transpuan Kota Bandung yang sudah bersedia cabut laporan, berdamai dengan tersangka."

"Kami apresiasi setinggi tinginya. Kami juga apresiasi ke Kapolrestabes Bandung, kasatreskrim dan para penyidik," ujar Rohman, Menurutnya, perdamaian sudah disepakati sejak 19 Mei antara keluarga tersangka dengan pelapor. Namun, prosesnya baru selesai hari ini. "Orangtua tersangka bersalaman dengan pelapor, berdamai dan akhirnya kasus ini selesai," ucapnya.

Seperti diketahui, kasus ini bemula saat Ferdian dan kawan kawan, saat bulan puasa, membuat konten video. Di konten itu, mereka membawa kardus diisi sampah. Mereka membagikannya pada waria di Jalan Ibrahim Adjie dengan dalih isi dus berupa sembako. Namun, setelah dibuka oleh para waria, isinya ternyata sampah. Ferdian dan dua temannya meninggalkan Mapolrestabes Bandung dengan sedan hitam. Aidil tampak duduk di kursi kemudi. Di sampingnya, ada seorang perempuan tampak duduk di depan. "Langsung pulang bawa kendaraannya. Yang perempuan, itu katanya pacarnya Ferdian," ujar Rohman.

Belum juga reda kasusnya,FerdianPalekakini mendapatkan masalah baru. Rupanya kasusnya tak hanya heboh di dalam negeri. Kasus viralnya video prank sampah pun viral di Inggris.

Berita tentangFerdianPalekaini viral bahkan sampe ke media Inggris dan jadi amukan netizen Inggris. Kasus youtuber donasi sampah tersebut memang membuat orang geram. Bahkan kasusnya kini sudah mencapai di meja hijau.

Semua berawal lewat video yang viral awal pekan lalu, YoutuberFerdianPalekagabung dengan dua orang lain untuk ngasih batu bata dan makanan busuk di dalam kotak mie instan. Dia dan temannya ngasih paket paket sembako sampah itu ke waria di jalan jalan Bandung, Jawa Barat. Mereka nyebut korban mereka sebagai "bencong", yang merupakan bahasa Indonesia untuk merendahkan waria.

Dua waria yang mereka ajak bicara dalam video itu sambil nutupin wajahnya waktu Ferdian ngasih bingkisan kardusnya. Salah satu dari mereka langsung melambaikan tangan ke kamera waktu nerima paket, sementara Paleka menyatukan kedua telapak tangannya dalam tanda hormat. Dalam video, Paleka mengatakan, "Jadi kami ingin mensurvei bencong di jalanan, apakah mereka ada atau nggak di bulan puasa ini (Ramadhan)."

"Kalo kita ketemu mereka, kita bakal ngasih paket, tapi kalo mereka nggak ada, itu berarti kota aman dari mereka." Kata Paleka di video itu. Video prank itu udah dihapus dari YouTube karena ngelanggar aturan tentang penindasan dan pelecehan. •Penerapan Social Distancing di Kota Tasikmalaya, Membuat Konsumsi Rumah Tangga Menurun

Oleh karena itu dia ditetapkan sebagai DPO, Paleka pun terciduk sama polisi beberapah hari kemudian di pelabuhan Merak, Banten. Berita tentangFerdianPalekaini viral bahkan sampe ke media Inggris. Netizen Inggris pun ikut emosi sama perbuatan youtuber asal Bandung itu.

Beberapa bahkan salut dengan hukum di Indonesia yang tegas. "Sekarang itu adalah hukuman yang tepat, hakim Inggris mencatat," kata netizen. "Saya tahu itu mengerikan apa yang dia lakukan dan saya tidak memaafkannya, tetapi 12 tahun agak berat, Anda mendapatkan (hukuman) lebih sedikit di sini (Inggris) untuk (kasus yang menyebabkan) kematian karena mengemudi secara ugal ugalan!" kata serang netizen.

"Sepertinya (hukuman) terlihat berat karena UK sangat lemah mengenai hukuman," jawab netizen yang lain"

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *