Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan, biasanya kita mengkonsumsi air minum dalam jumlah tertentu. Ada berbagai sumber air minum yang bisa didapatkan, mulai dari air sumur,air keran yang direbus, air minum isi ulang, maupun air minum dalam kemasan.

 

Biasanya dari semua sumber air minum yang ada, air minum dalam kemasan dipercaya menjadi air minum yang lebih sehat dibandingkan sumber air minum lainnya. Karena biasanya air minum dalam kemasan menawarkan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya, sehingga pilihan untuk mengkonsumsi air minum dalam kemasan sangatlah disarankan oleh banyak pihak.

 

Apa itu air mineral? Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan Garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam.(1) Air mineral mengandung berbagai mineral, antara lain magnesium, kalsium, natrium, dan selenium.

 

Berkat kandungan inilah air mineral memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat air mineral antara lain, Meningkatkan kesehatan tulang, Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, Menyehatkan sistem pencernaan, Meningkatkan sistem imun tubuh, dan masih ada beberapa manfaat air mineral yang dipercaya berdampak positif pada tubuh. (2)

 

Air minum dalam kemasan yang mengandung biasanya akan aman apabila langsung dikonsumsi, tetapi beberapa orang berinisiatif untuk merebus air mineral tersebut, karena ada berbagai macam alasan, salah satunya adalah agar air bisa steril. Lalu muncul pertanyaan, apakah merebus air mineral aman atau tidak?

 

Pada umumnya, air mineral yang sudah diproduksi dan prosesnya memenuhi standar tak perlu direbus lagi. Sehingga, air mineral dalam kemasan bisa dikonsumsi langsung. berbeda halnya dengan air sumur/air keran, Jika sumber air adalah air sumur atau air keran, kita memang dianjurkan untuk merebusnya terlebih dulu, tetapi tetap harus mengetahui cara yang tepat.

 

Beberapa pakar juga menyebutkan jika merebus air mineral dalam kemasan tidak memberikan manfaat khusus. (3) Perlu diketahui bahwa merebus air dapat memusnahkan sebagian besar kuman yang ada. Namun, di sisi lain juga perebusan ini dapat meningkatkan kandungan fluoride yang terkandung dalam air. kita juga perlu tahu bahwa tak semua jenis kuman dalam air bisa mati meski air telah direbus dengan suhu 100 derajat Celcius.Namun, jika tetap ingin merebusnya, tak ada dampak negatifnya. (4)

 

Jadi intinya adalah tidak masalah merebus air mineral, karena memang tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh kita. Dan ditambah Untuk urusan air minum, banyak orang yang mengandalkan air mineral dalam kemasan seperti botol atau galon, yang juga sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta diuji sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan mengantongi dua izin tersebut, air minum aman dan layak dikonsumsi dan bisa dikatakan bebas dari kuman atau bahan kimia tertentu. Sehingga kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi air mineral dari kemasan secara langsung, namun perlu diperhatikan juga tanggal kadaluarsa botol pengemas air mineral tersebut.

 

Kalau berbicara mengenai air mineral, dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya kita memilih air minum dalam kemasan yang sudah terpercaya. Untuk menentukan mana air minum yang terbaik untuk kita konsumsi kita harus:

 

  • CEK TINGKAT KEKERUHAN

Kualitas air minum yang baik sebenarnya bisa terlihat dengan mudah. Hal pertama untuk mengetahuinya hanya dengan melihat tingkat kekeruhan air. Jika air keruh, hampir dipastikan kualitas air buruk.

  • LIHAT WARNA AIR

Kualitas air minum bisa pula terlihat dari warna air. Tentunya kita disarankan untuk memilih air dengan warna yang tidak terlalu pekat. Selama ini, air yang baik dipersepsikan sebagai air yang tidak berwarna sama sekali. Padahal, belum tentu. Air mineral berkualitas apik juga bisa mengandung warna tertentu. Warna mengindikasikan kandungan partikel yang ada di dalamnya. Bisa jadi kandungannya justru bermanfaat, sehingga kerap kali air mineral memiliki warna tertentu.

  • COBA CIUM BAUNYA

Langkah lain untuk menilai kualitas air minum adalah dengan mencoba mencium aromanya. Pastikan air tidak berbau. Aroma tidak sedap yang keluar bisa menjadi tanda air terkontaminasi beragam hal.

  • KETAHUI SUMBERNYA

Jika memungkinkan, cari tahu sumber air yang hendak diminum karena kondisi lingkungan di sekitar sumber air akan berpengaruh terhadap kualitas air. Lingkungan yang buruk rawan mencemari sumber air. Polutan bisa masuk dan mengkontaminasi kualitas air.

 

Oleh karena itu ada baiknya kita memilih AQUA sebagai sumber air minum yang memiliki kandungan mineral. Sumber air AQUA berasal 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke. AQUA memilih sumber air pegunungan terbaik, dari sumber air lapisan tanah dalam.

 

AQUA juga merawat lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian sumber air, seperti penanaman lebih dari 2 juta pohon dan perlindungan 10 hektar tanah di sekitar sumber air, agar alam dapat terus mengalirkan kebaikan untuk kita.  Kebaikan dari alam dibotolkan langsung di sumbernya, melalui cara yang intensif namun efektif dengan pengawasan secara real time untuk menjaga kualitas terbaik saat produksi dan pengemasan hingga kebaikannya sampai di tangan kita.

 

Setelah mengetahui ciri kualitas air minum yang baik, sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh pun semakin mudah dilakukan. Pilih AQUA, karena hanya AQUA lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas. (5)

 

 

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Air_mineral
  2. https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa#:~:text=Air%20mineral%20mengandung%20beragam%20mineral,manfaat%20yang%20baik%20untuk%20tubuh.
  3. https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4002875/merebus-ulang-air-mineral-apakah-berbahaya-buat-kesehatan
  4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624926/bolehkah-merebus-air-mineral
  5. https://www.sehataqua.co.id/cara-praktis-mengetahui-kualitas-air-minum-yang-baik/

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

visval

7 Rekomendasi Tas Terlaris Dari Visval

Saat ini produk-produk lokal kian banyak bermunculan, salah satu brand lokal yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya yaitu Visval. Ya, brand lokal asal Bandung ini memulai bisnisnya sejak tahun 2014 dengan mengedepankan produk andalannya yaitu tas. Meskipun tergolong brand tas lokal yang baru tetapi brand…

Toyota Raize

Toyota Raize, Tips dalam Merawat Toyota Raize

Setiap mobil tentunya memerlukan sebuah perawatan yang harus dilakukan dengan cara yang rutin. Karena itu Anda sebagai pemilik mobil harus selalu memperhatikan perawatan dari mobil Anda. Tentunya tidak ada yang ingin mobil mereka nantinya bermasalah ketika dipakai. Karena itulah perawatan ini sangatlah dibutuhkan. Proses perawatan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *