Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Setiap mobil tentunya memerlukan sebuah perawatan yang harus dilakukan dengan cara yang rutin. Karena itu Anda sebagai pemilik mobil harus selalu memperhatikan perawatan dari mobil Anda.

Tentunya tidak ada yang ingin mobil mereka nantinya bermasalah ketika dipakai. Karena itulah perawatan ini sangatlah dibutuhkan. Proses perawatan yang harus dilakukan pada mobil, baik itu mobil jenis apapun haruslah dilakukan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dipahami dalam melakukan perawatan Toyota Raize agar awet dan tahan lama, antara lain yaitu :

Apa Saja Tips yang Dapat Dilakukan dalam Merawat Toyota Raize ?

 

  1. Rutin Melakukan Cek Oli

Tips pertama untuk melakukan perawatan mobil agar nantinya tidak muncul masalah yaitu dengan Anda rutin melakukan cek oli. Pada umumnya ketika Anda tengah servis mobil akan tertulis di kertas waktu untuk Anda mulai mengganti oli. Atau di sini Anda juga dapat mengikuti panduan dalam ganti oli, yaitu setiap jarak tempuh mobil 5.000 KM.

Atau Anda juga bisa mengganti oli tersebut saat mesin mobil sudah mulai terasa kasar dan oli sudah mulai lancar serta terlihat hitam. Oli mesin mempunyai fungsi dalam memberikan pelumas agar nantinya gesekan yang terjadi pada mesin dapat berkurang.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tips berikutnya yaitu Anda lebih baik menggunakan bahan bakar yang dapat membuat performa dari mesin mobil tersebut jadi lebih sempurna. Disarankan disini untuk Anda menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya tinggi.

Nilai oktan itu sendiri adalah angka besarnya tekanan yang akan diberikan saat bahan bakar belum dibakar. Saat nilai oktan tersebut semakin tinggi, maka bahan bakar yang dipilih juga akan lebih lambat terbakar. Hal tersebut memiliki kegunaan yaitu tidak akan meninggalkan resiko yang dapat membuat kinerja dari mesin jadi terhalang.

  1. Ganti Air Radiator dengan Rutin

Agar mobil Raize yang Anda miliki lebih nyaman dan juga awet, maka Anda perlu selalu mengecek air radiator serta menggantinya secara rutin dan tepat waktu. Air radiator itu sendiri memiliki manfaat untuk membuat mobil Anda jadi lebih dingin.

Saat radiator mulai kehabisan air, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap mesin dari mobil. Pengisian air radiator tersebut memakai cairan khusus, yang mana perawatan yang satu ini memang tidak boleh Anda abaikan.

  1. Cek Aki

Cek aki juga sangatlah perlu untuk dilakukan. Dalam hal ini lakukan kontrol terhadap air aki setidaknya dua minggu sekali jika disini Anda memakai aki basah. Pastikan bahwasannya air aki dari mobil tersebut masih berada di level yang wajar, yaitu berada diantara garis batas.

Sementara utuk melakukan pengecekan pada tegangan aki tersebut, Anda dapat menggunakan alat yang bernama voltmeter. Dengan melakukan perawatan mobil secara berkala, tentu hal tersebut akan menghindarkan mobil dari munculnya masalah.

Mengapa Harus Memperhatikan Tekanan Ban pada Mobil ?

 

  1. Perhatikan Tekanan Ban

Saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh memakai mobil, maka perlu untuk mengecek tekanan dari ban. Melakukan pengecekan ban ini dapat Anda lakukan setidaknya beberapa minggu sebelum keberangkatan Anda. Jika kondisi ban sudah tipis, maka sebaiknya Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

  1. Cek Minyak Rem

Tips berikutnya yang perlu dilakukan agar mobil tetap awet yaitu Anda juga harus rutin mengecek minyak rem. Kebanyakan para pemilik mobil memang cenderung lupa untuk memperhatikan hal tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya minyak rem memiliki sifat hidroskopis, yaitu mampu untuk menyerap lembab. Sekalipun minyak tersebut berada di dalam sistem rem, namun kelembaban lingkungan dapat terserap oleh cairan itu.

Minyak rem yang lama tidak diganti akan menyebabkan terjadinya korosi dan karat pada mesin mobil Anda. Lakukan pergantian minyak rem tersebut setelah mobil menempuh jarak setidaknya 60.000 KM.

  1. Cek Kabel dan Lampu

Dan untuk tips yang terakhir dalam melakukan perawatan mobil agar lebih awet dan tahan lama, yaitu jangan lupa melakukan pengecekan pada kabel dan juga lampu. Pastikan bahwasanya tidak ada kabel yang mulai longgar atau mungkin nyaris putus. Jika Anda menemukan hal tersebut, maka sebaiknya Anda perlu cepat mengganti.

Penting pula bagi Anda memperhatikan kondisi dari lampu mobil apakah sudah tampak redup atau masih menyala terang. Agar nantinya penggunaan lampu jauh lebih awet, maka Anda harus membeli sparepart asli dari pabrikan mobil tersebut.

Demikian artikel tentang Tips dalam Merawat Toyota Raize ini dibuat para pembaca yang mempunyai mobil Raize ini.

 

RELATED ARTICLES

mobil bekas online

Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Punya keinginan untuk membeli mobil tapi dana belum mencukupi untuk membeli tunai?Jangan khawatir karena Anda bisa langsung mengajukan kredit mobil bekas online. Selain prosesnya mudah, membeli mobil secara kredit juga akan terasa lebih ringan bagi keuangan Anda. Namun demikian, saat membeli mobil bekas, Anda tetap…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *