Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Lehar (80), seorang tahanan Polda Sumbar yang menjadi tersangka kasus mafia tanah di Padang meninggal dunia pada Kamis (2/7/2020) malam di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang. Sebelum dirawat, keluarga penasihat hukum Lehar sempat mengajukan penangguhan penahanan, tapi tidak dikabulkan Polda Sumbar. Alasan mengajukan penangguhan penahanan karena tersangka telah berusia lanjut dan mengidap penyakit.

Keluarga merasa tak adil ketika pihak Polda Sumbar tidak mengabulkan penangguhan penahanan tersebut. Pihak keluarga pun menuntut Polda Sumbar untuk mengembalikan nama baik Lehar. "Pengen nama baik bapak saya kembali, dan minta keadilan," kata anak almarhum bernama Lina, Jumat (3/7/2020).

Bahkan, ia akan meminta keadilan ke Mabes Polri. "Saya hanya meminta keadilan, karena kami orang kecil, kami hanya minta keadilan seadil adilnya," katanya. Ia tak habis pikir mengapa pihak kepolisian sampai tidak mengabulkan pengajuan penangguhan penahanan.

Tindakan ini, bagi Lina, sama seperti menganiaya orang tuanya. "Selama ini bapak saya dipenjara, sama aja menganiaya. Kalau orang punya hati nurani, tidak kayak gitu. Lihat dong kondisi bapak saya, rekam medik bapak saya," kata dia. Lina mengungkapkan, orang tuanya memiliki riwayat penyakit stroke dan mengalami tumor serta darah tinggi.

Bahkan, beberapa waktu belakangan, kondisi orang tuanya sempat drop. "Kami sekeluarga tidak terima, saya minta keadilan. Orang tua saya stroke sudah lama sejak 2013, sembuh lalu kambuh lagi. Tapi obat harus jalan," ujarnya. Penasihat Hukum Lehar, Jonathan Nababan mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penangguhan penahanan, tapi tidak digubris.

"Penangguhan dan pembantaran kita tidak digubris. Kita sudah lampiri penjamin dari anak anak almarhum, dan kita lampiri riwayat medis penyakitnya. Tapi, apa daya tidak digubris," katanya. Terpisah, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu menyebutkan, penyidik tentu memiliki alasan tidak mengabulkan penangguhan penahanan seseorang. "Jadi tidak dikabulkannya permohonan penangguhan penahanan terhadap Lehar, karena masih ada yang diperlukan dalam proses penyelidikan dalam kasus yang menjeratnya," katanya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *