Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Ada banyak kota-kota di Indonesia yang mempunyai nilai sejarah termasuk Kota Medan. Di Medan ada beberapa bangunan yang merupakan peninggalan Belanda, Kerajaan Melayu, hingga sejarah tentang saudagar kaya berasal dari Tiongkok yang memiliki rumah di Medan. Rumah ini bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1800-an dengan ukuran yang besar. Sekarang tempat ini menjadi tempat wisawa yang menjadi incaran wisatawan yang datang ke Medan. Rumah ini juga memiliki keistimewaan dan juga fakta-fakta unik yang bisa dipelajari banyak orang karena terdapat nilai sejarah. Apa saja fakta-faktanya? berikut ini akan dibahas selengkapnya.

 

Peninggalan saudagar asal Tiongkok

 

Fakta pertama yang akan dikupas tentang rumah bersejarah ini merupakan peninggalan saudagar asal Tiongkok. Namanya adalah Tjong A Fie yang sudah tinggal di Medan sejak 1860 dan sangat dekat dengan toko penting di Medan saat itu. Tjong A Fie juga memiliki bisnis di berbagai bidang mulai dari kelapa sawit, kereta api, pabrik gula, dan juga perbankan. Desain rumah ini sangat mewah kala itu terdiri dari 2 lantai menggunakan nuansa arsitektur kuno. Meski usianya sudah lebih dari 100 tahun, bangunan ini masih terlihat megah, mewah, dan juga kokoh karena dilakukan perawatan dengan baik oleh pengelola.

 

Menjadi simbol keberagaman

 

Dengan adanya peninggalan rumah ini menandakan simbol keberagaman di Kota Medan dan sudah menjadi cagar budaya nasional. Dengan luas sekitar 6 ribu meter persegi tentunya membuat rumah ini terasa megah sekaligus mewah. Sebagian rumah ini dipenuhi oleh corak budaya yang ada di Tiongkok tetapi ada juga beberapa ornamen khas Eropa dan juga Melayu yang tentunya menunjukkan keberagaman budaya.

 

Terdapat aura misterius

 

Meskipun sudah menjadi tempat wisata dan dibuka untuk masyarakat umum, rumah Tjong A Fie masih terasa aura misterius. Tidak perlu heran karena memang bangunan bersejarah ini sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Walaupun masih terasa aura misterius tentunya hal inilah yang menjadi daya tarik bagi semua pengunjung.

 

Bagian sejarah dari Kota Medan

 

Tjong A Fie sangat berperan penting dalam perkembangan Kota Medan di zaman dahulu. Perannya mulai dari membantu pembangunan masjid, gereja, dan kuil yang ada di Medan hingga Tapanuli. Dengan sifat dermawan, Tjong A Fie mendirikan banyak bangunan mulai dari Masjid Lama Gang Bengkok tahun 1884, Menara Lonceng, Jembatan Kebajikan tahun 1917, dan masih ada yang lainnya.

 

Dengan sejarah panjang yang dijelaskan di atas tentunya akan menjadi daya tarik bagi yang ingin berlibur ke Medan. Liburan di Medan menjadi pilihan tepat karena ada banyak sekali pilihan destinasi wisata sekaligus tersebarnya hotel Medan murah yang bisa dipesan dengan praktis hanya di aplikasi Pegipegi. Ada banyak pilihan hotel yang bisa ditemukan di aplikasi Pegipegi dan dilengkapi dengan beragam promo menarik setiap harinya.

 

 

RELATED ARTICLES

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Baubau: Mengawal Kesehatan Masyarakat dengan Profesionalisme

Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, tidak hanya memperkaya sektor ekonomi namun juga memperkuat sektor kesehatan melalui berbagai organisasi profesi yang bertugas menjaga kualitas pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Baubau, yang telah menjadi garda terdepan dalam memastikan ketersediaan dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *