Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Polri akhirnya angkat bicara terkait kondisi salah satu perwira tinggi (pati)mereka yang merupakan eks Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Supratman, yang dinyatakanpositif Covid 19 melalui swab test. Menurut Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen Pol ArgoYuwono, pihaknya akan segera mengambil langkah lanjutan termasuk menelusuri darimana Irjen Pol Supratman terpapar virus tersebut. Supratman kini menjalani isolasi di RS Bhayangkara Bengkulu.

Sementarapenggantinya sebagai Kapolda Bengkulu, Brigadir Jenderal Teguh Sarwono menjalaniisolasi di sebuah hotel di kota Bengkulu. Sehari sebelum diketahui terpapar virus corona, Irjen Pol Supratman sempat menghadiriserah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/5). Saat itu upacara dipimpinKapolri Jenderal Idham Azis.

"Sehari sebelum hasil uji swab diumumkan, Supratmanmenghadiri sertijab para perwira di Rupatama Mabes Polri," kata Argo, Selasa (12/5). Sebelum sertijab itu, kata Argo, semua pati dilakukan rapid test, termasuk Supratman. Hasilnya, semua dinyatakan negatif. “Hasil test semua negatif, makanya sedang dicekkenanya di mana,” ujar Argo.

Dalam pelaksanaan sertijab pun, kata Argo, saat itu dilakukan sesuai protokol kesehatan. Para perwira tidak berbaris seperti upacara sertijab biasanya. Mereka jugamelakukan penandatanganan berita acara secara daring (online) tanpa kontak langsungdengan Kapolri Jenderal Idham Azis.

”Pelaksanaannya menerapkan physical distancing,tidak berbaris seperti biasanya. Setiap Pati diberikan mimbar masing masing yang adaiPad untuk penandatanganan berita acara serah terima jabatan secara online. Tidak adakontak langsung," lanjut dia. Untuk menelusuri di mana Irjen Supratman terpapar Covid 19, Polri akan melibatkanDokkes Polri.

Namun Argo belum menentukan apa yang akan menjadi tindaklanjut. ”Tentunya akan ada langkah langkah yang diambil oleh Mabes Polri terkait hal ini. Kami punya Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusokkes), nanti langkahnya seperti apa, apakah di rapid test ulang atau di tes swab menunggu dari Pusdokes,” ujar Argo. Kabar mengenai Irjen Pol Supratman positif terpapar Covid 19 sebelum disampaikan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ia mengatakan bahwa Jenderal bintang dua itu diduga terpapar virus corona saat masih bertugas menjadi Kapolda. SelainSupratman, empat perwira polisi di Bengkulu juga dinyatakan positif virus corona. Supratman atau kasus nomor 36 memiliki riwayat kontak dengan kasus nomor 12 yangmerupakan perwira polisi di Polda Bengkulu.

"Kami sudah mulai melakukan tracing terhadap klaster aparat keamanan ini. Kami akantelusuri siapa saja yang pernah kontak dengan empat aparat yang dinyatakan positif.Ketika data sudah didapat, semuanya akan kita lakukan rapid test dan akan dikarantina," kata dia. Selama menjalani isolasi mandiri, mereka tidakdiperbolehkan bertemu ataupun beraktivitas dengan orang lain. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, Supratman diisolasi di RS Bhayangkara Bengkulu bersama dengan Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno, Kabiddokes Polda Bengkulu Kombes Pol Diah, dan satu orang perwira polisi.

Sementara Brigjen Teguh menjalani isolasi mandiri selama 14 hari disalah satu hotel di Kota Bengkulu bersama istrinya. Herwan mengatakan institusinya telah melakukan rapid test kepada Brigjen Teguh beberapa waktu lalu dan hasilnya non reaktif. Meski begitu, dalam 14 hari ke depan timdari Dinkes Provinsi Bengkulu akan kembali melakukan rapid test.

Jika hasilnya reaktifmaka akan dilakukan pengambilan sampel swab. "Sejauh ini hasilnya masih non reaktif,tapi kita minta mereka isolasi mandiri dulu," ujar Herwan. Menurut Herwan, Brigjen Teguh memiliki riwayat kontak erat saat pelantikan dengan Supratman, sehingga membuat jenderal bintang satu tersebut dilakukan pemeriksaan rapid test.

Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid 19 Bengkulu juga sudah melakukan pemeriksaan anggota kepolisian yang sempat melakukan kontak dengan mantan Kapolda Bengkulu dan Kabid Humas Polda Bengkulu sertaKabiddokkes Polda Bengkulu.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *