Bicara tentang Indra Sjafri, tentu pecinta sepak bola cukup mengenal sosok mantan pelatih timnas U 19 yang terbilang sukses melatih pemain muda ini. Ia kini menjabat sebagai direktur teknik PSSI. Saat menjadi pelatih, beberapa torehan prestasinya yaitu Piala AFF U 19 tahun 2013 dan Piala AFF U 22 tahun 2019. Tentu raihan ini sangat membanggakan untuk penikmat sepak bola nusantara.

Namun, tahukah anda, proses pemilihan Indra Sjafri menjadi pelatih timnas Indonesia sempat diragukan oleh beberapa pihak. Pada tahun 2011, Indra Sjafri ditunjukkan sebagai pelatih timnas U 16 kala itu, namun dalam proses pemilihannya, ketua umum PSSI masa itu, Djohar Arifin Husin lebih memilih kandidat lain. Hanya saja, beberapa exco PSSI tidak setuju dengan pilihan ketum PSSI tersebut dan menilai Indra Sjafri lebih layak karena memegang lisensi A AFC untuk pembinaan usia muda.

Walaupun diragukan, Indra Sjafri tetap terpilih menjadi pelatih timnas U 16. Mengakhiri turnamen kualifikasi Piala Asia U 16 tahun 2012 dengan peringkat tiga, Indra Sjafri lantas memulai proses pencarian pemain hingga ke pelosok. Prestasinya mulai terlihat kala sukses membawa timnas U 17 Indonesia juara turnamen Internasional Hongkong U 17 tahun 2012, juara Internasional Hongkong U 18 tahun 2013, dan Piala AFF U 19 tahun 2013. Perlahan keraguan akan kemampuannya di tahun 2011 lalu berubah menjadi sebuah pujian.

Dalam bincang bincang santai secara virtual bersama Super Ball, Jumat (5/6/2020), Indra Sjafri mengatakan momen 2011 lalu adalah hal yang wajar karena perbedaan pendapat. Namun dirinya bersyukur bisa membuktikan kualitas melatihnya sehingga mampu membawa timnas junior Indonesia berprestasi. "Resep saya adalah niat, saya juga paham apa yang harus dikerjakan, dan saya mencintai apa yang saya kerjakan, kemudian saya mendoakan apa yang saya kerjakan," ujarnya.

Bergambar dari pengalaman tersebut, Indra Sjafri lantas mengajak seluruh elemen untuk bekerja bersama sama dalam membangun tanpa saling meragukan kemampuan yang satu dan lainnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *