PersirajaBanda Aceh ternyata mampu lampaui peringkatPersija JakartadanPersebayaSurabaya meski dengan skuat market valueterendah diShopee Liga 1 2020. Dalam bersaing di kompetisiShopee Liga 1 2020,tim tim besar sepertiPersija JakartadanPersebayaSurabaya berani mengeluarkan kocek yang begitu besar. Berbeda denganPersija JakartadanPersebayaSurabaya,PersirajaBanda Aceh tidak terlalu jor joran dalam merogoh kocek pemain pada musim ini.

Meski begitu, prestasi dari tim dengan julukan Laskar Rencong tersebut lebih mentereng ketimbang Persija dan Persebaya. Saat ini, Persiraja Banda Aceh mampu tempati posisi ketujuh sementara klasemen Shopee Liga 1 2020 dengan meraih lima poin dari sekali menang dan dua kali hasil imbang. Laskar Rencong mampu mengungguli Persija yang berada diposisi sembilan dan Persebaya hampir di zona degradasi.

Padahal manajemen dari Laskar Rencong tidak mengeluarkan biaya yang begitu besarjika dibandingan dengan kedua klub besar tersebut. Dilansir dariTransfermrkt,Persiraja Banda Aceh menjadi tim termurah pada Shopee Liga 1 2020 dengan nilai pasar para pemainnya yaitu 1,15 juta euro atau sekitar 20 miliar rupiah. Klub Ibukota, Persija Jakarta memiliki tim denganmarket veluesebesar 4,78 juta euro atau 83 miliar rupiah.

Sementara itu, Persebaya Surabaya memiliki total nilai pasar para pemainnya yaitu 3,85 juta euro jika dirupiahkan menjadi 67 miliar rupiah. Jika dibandingkan antara pemain asing yang dimiliki oleh Persiraja dengan punya Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya cukup jauh harganya. Rekrutan asing anyar termahal Laskar Rencong yaituVanderlei Francisco hanya berkisar 275 ribu euro atau 4,7 miliar rupiah.

Gelandang asing yang baru didatangkan musim ini oleh Persebaya Surabaya, Makan Konate, dipatok denganmarket valuesebesar 475 ribu euro atau sekitar 8,2 miliar rupiah. Bahkan, bomber asing milik Persija Jakarta, Marko Simic dibandrol dengan harga 550 ribu euro atau jika dirupiahkan menjadi 9,5 miliar rupiah. Tentu dapat dilihat bagaimana Persiraja Banda Aceh dalam mengatur strategi tepat dalam bursa transfernya.

Meski begitu, Laskar Rencong mampu menunjukan penampilan apik hingga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020. Persiraja Banda Aceh mampu menahan imbang tim betitel juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. Ketika klub kebanggan masyarakat aceh tersebut berhasil menahan imbang Bhayangkara FC dengan skor 0 0 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh,Nanggroe Aceh DarussalaM, Sabtu (29/2/2020).

Lalu pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020, Persiraja berhasil memetik satu poin ketika bertandang ke markas Madura United pada 9 Maret 2020. Bahkan, Laskar Rencong mampu memetik tiga poing kala mengalahkan Persik Kediri 1 0 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (14/3/2020). Keberhasilan Persiraja mampu melewati Persija dan Persebaya karena sudah memainkan tiga pertandingan.

Sementara Persija dan Persebaya baru dua pertandingan sebelum akhirnya kompetisi dihentikan oleh PSSI karen pandemi virus corona.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *