Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Dua hewan ini tentu sering Anda dengar bukan? Namun bisakah Anda membedakan mana macam mana harimau? Ternyata masih banyak orang yang salah menyebut macan sebagai harimau dan harimau sebagai macan. Meski terlihat sama namun keduanya berbeda lo. Ini dia beberapa perbedaan macan dan harimau.

Macan dan Harimau Ternyata Beda Spesies

Siapa nih yang sering menganggap macan dan harimau itu sama? Kedua hewan tersebut ternyata berbeda lo, bahkan spesiesnya juga berbeda. Harimau termasuk ke dalam spesies big cat sedangkan macan termasuk ke dalam spesies middle cat. Keduanya juga termasuk ke dalam suku yang berbeda yakni suku Felidae dan Panthera tergantung jenisnya.

Untuk harimau misalnya, hewan yang satu ini termasuk ke dalam spesies Tigris yang merupakan kucing terbesar di dunia. Sedangkan macan tutul termasuk ke dalam spesies Pardus dan jaguar termasuk keluarga dekat macan tutul yang termasuk ke dalam spesies Onca

Ukuran Tubuh Keduanya Berbeda

Meski sekilas terlihat sama, namun ukuran macan dan harimau juga berbeda lo. Harimau memiliki tubuh yang lebih besar. Ukuran tubuh harimau dewasa rata-rata dapat mencapai 2,5 – 3,9 meter dengan berat 90 – 310 kg. Sedangkan ukuran tubuh macan hanya berkisar antara 90 – 120 cm dengan berat 31 kg. Ukuran tubuhnya cukup berbeda bukan?

Tak hanya itu saja, tinggi tubuh harimau dan macan juga berbeda lo. Harimau dewasa rata-rata memiliki mencapai 120 cm. Lain halnya dengan macan tutul yang hanya bisa mencapai angka 70 saja. Masa hidup antara harimau dan macan juga berbeda lo. Rata-rata harimau dapat hidup hingga 15 tahun sedangkan macan dapat mencapai 17 tahun.

Warna dan Corak Tubuh yang Berbeda

Harimau lebih dikenal dengan lorengnya yang berwarna hitam. Corak tubuh ini merupakan ciri khas harimau yang tidak dimiliki macan. Sedangkan warna bulunya cenderung cokelat kemerahan di atas dan putih di bagian perut dan lehernya. Sedangkan macan memiliki corak yang beragam dengan warna bulu cokelat dan corak totol-totol berwarna hitam.

Sama-sama Termasuk Jenis Kucing

Setelah mengetahui beberapa perbedaan di atas, namun macan dan harimau sama-sama masih termasuk ke dalam jenis kucing. Hal ini dapat terlihat jelas dari bentuk fisiknya. Macan dan harimau merupakan versi yang lebih besar dari kucing biasa. Namun untuk wajah, bulu, ekor, tangan, dan kaki yang dimiliki macan dan harimau menyerupai kucing biasa.

Sama-sama Hewan Karnivora

Persamaan macan dan harimau yang berikutnya adalah sama-sama merupakan hewan karnivora atau yang lebih dikenal dengan pemakan daging. Macan dan harimau hidup dengan cara berburu hewan lain. Seperti kuda, kerbau, rusa, sapi, atau babi.

Karena sama-sama merupakan hewan karnivora sudah dapat dipastikan jika macan dan harimau termasuk binatang buas ya. Sebab macan maupun harimau sama-sama memiliki taring dan kuku yang tajam. Cakaran dan gigitan macan ataupun harimau sama-sama dapat menyebabkan luka yang dalam dan lebar.

Sama-sama Pelari yang Andal

Harimau dan macan juga sama-sama termasuk pelari yang andal lo. Namun masih berada di bawah level singa yang mampu berlari hingga 10 km per jam. Umumnya macan dapat berlari hingga 58 km per jam. Sedangkan harimau dapat berlari 45 – 65 km per tergantung dengan ukuran tubuhnya.

Nah itu dia beberapa persamaan dan perbedaan macan dan harimau. Meski terlihat sama namun macan dan harimau merupakan hewan yang berbeda. Selain itu perlu untuk diingat keduanya merupakan jenis hewan yang dilindungi. Jadi perburuan liar macan dan harimau sangat dilarang, terlebih lagi karena spesiesnya yang semakin langka.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *