Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Berikut materi dan jawaban soal pendapat siapa yang menurutmu benar, apakah Budi atau Cantika dan jelaskan. Soal itu, termasuk materiBelajar dari Rumah TVRISMP tentang Matematika Mantul: Kesebangunan pada Kamis, 11 Juni 2020. Setelah pembelajaran,siswa diberikan pertanyaan untuk dikerjakan.

Diharapkan, siswa dapatmenyelesaikan masalah berbagai konteks yang melibatkan konsep kesebangunan bangun antar bangun datar. Lalu, apa saja materi hingga jawaban soalnya? (Simak juga 4 link live streaming TVRI program Belajar dari Rumah di artikel ini)

Kali ini, siswa SMP akan mempelajari materiMatematika Mantul: Kesebangunan. 1. Ada dua persegi panjang yaitu ABCD dan PQRS. ABCD sebangun dengan PQRS.

Berdasarkan gambar ini, dua siswa mengemukakan pendapat mereka: Budi berpendapat bahwa panjang panjang PQ adalah 24 cm. Cantika berpendapat bahwa panjang PQ adalah 40 cm.

Pendapat siapa yang menurutmu benar? Jelaskan! 2. Saat perkemahan di lapangan sekolah, salah satu regu pramuka mendapat tugas mengukur tinggi tiang bendera. Pada saat yang sama terdapat sebuah tongkat yang berdiri tegak dengan tinggi 150 cm.

Panjang bayangan tiang bendera 300 cm dan panjang bayangan tongkat 50 cm. Ketua regu menebak bahwa tinggi tiang bendera tersebut adalah 8 m. Apakah tebakan ketua regu benar? Jelaskan!

3. Pak Anwar akan menghias salah satu dinding rumahnya dengan hiasan marmer. Dinding ini memiliki panjang 9 m dan tinggi 6 m. Bagian yang akan dipasang marmer adalah sebangun dengan dinding.

Di sisi kiri dan kanan hiasan marmer diberi jarak 1,5 meter, dan sisi atas dan bawah juga diberi jarak, seperti gambar ini. Satu hiasan marmer memiliki ukuran 25 cm x 50 cm. Pak Anwar memutuskan untuk membeli 160 hiasan marmer.

Apakah keputusannya itu tepat? Jelaskan alasanmu! 1. AD/AB = PS/PQ 4/16 = 6/PQ

PQ = 24 cm Jadi yang benar adalah pendapat Budi. 2. Tinggi tongkat/Panjang bayangan tongkat = Tinggi tiang/Panjang bayangan tiang 150/50 = Tinggi tiang/300

Tinggi tiang = (150 x 300): 50 = 900 cm = 9 meter Jadi tebakan kedua regu tidak benar. 3. Mencari panjang bagian yang di pasang marmer.

= 9 (1,5 + 1,5) = 6 m Mencari lebar bagian yang di pasang marmer. 6/9 = x/6

= 4 meter Luas bagian yang ingin dipasang marmer = 6 x 4 = 24 m2 = 240000 cm2 Luas 1 marmer = 25 cm x 50 cm = 1250 cm2

Jumlah marmer yag dibutuhkan = 240000 cm2 : 1250 cm2 = 192 buah. Jadi keputusan Pak Anwar tidak tepat. *) Disclaimer: Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

PAUD dan sederajat Bermain Matematika dan Sains SD Kelas 1 3 dan sederajat

Matematika: Operasi Penjumlahan SD Kelas 4 6 dan sederajat Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang

SMP dan sederajat Matematika Mantul: Kesebangunan SMA dan sederajat

Matematika: Volume Benda Putar Orang Tua Menanamkan Kebiasaan Baik pada Anak

Film Cinta Brontosaurus *) Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *