Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diwajibkan di sekolah, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Namun, beberapa anak mungkin merasa sulit atau tidak menyukai matematika, sehingga ada kecenderungan untuk menghindarinya.

Belajar matematika bahkan punya banyak manfaat dan penting bagi anak-anak. Berikut beberapa alasan mengapa anak harus belajar matematika.

  1. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis

Matematika merupakan pelajaran yang mengajarkan anak berpikir logis dan kritis. Dalam memecahkan masalah, anak harus mengikuti serangkaian langkah logis yang benar, dan memeriksa kembali jawaban mereka dengan kritis.

Kemampuan berpikir logis dan kritis ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat anak harus mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Hal ini terbukti lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika anak yang belajar matematika secara teratur, cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis yang lebih baik, ketimbang anak yang tidak belajar matematika secara teratur.

  1. Menyiapkan Anak untuk Karir yang Menguntungkan

Matematika merupakan subjek penting dalam banyak pilihan karir, seperti teknologi, rekayasa, dan bisnis. Contohnya, ahli matematika dapat bekerja dalam bidang riset, pengembangan produk, analisis data, dan lainnya.

Selain itu, banyak pekerjaan lain juga membutuhkan kemampuan matematika yang baik, seperti akuntansi, manajemen, pemodelan matematis dan keuangan.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik tahun 2020, lapangan pekerjaan dengan persyaratan kemampuan matematika yang tinggi memiliki gaji yang lebih tinggi dan menawarkan peluang karir yang lebih baik, ketimbang dengan lapangan pekerjaan dengan persyaratan kemampuan matematika yang rendah.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi

Belajar matematika juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi anak. Hal ini terbukti lewat sebuah penelitian jangka panjang, yang diterbitkan dalam jurnal Educational Studies in Mathematics.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika anak yang belajar matematika secara teratur memiliki, cenderung memiliki kemampuan bahasa dan komunikasi yang lebih baik, ketimbang anak yang tidak belajar matematika secara sistematis.

Kemampuan bahasa dan komunikasi yang baik juga merupakan keterampilan penting dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja.

  1. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika memerlukan pemecahan masalah yang sistematis dan berpikir logis, sehingga dapat membantu memperkuat keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis yang bisa diaplikasikan pada situasi kehidupan nyata.

Menurut Prof. Dr. Sumar Hendayana, Guru Besar Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, matematika merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan, termasuk prinsip-prinsip dasar ilmu fisika, kimia, biologi, dan ilmu komputer.

Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua untuk menemukan Bimbel terbaik yang mampu membantu meningkatkan kemampuan matematika anak, sekaligus membantu meningkatkan prestasi akademik anak di bidang matematika.

Sinotif, Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Salah satu bimbel terbaik dalam bidang matematika adalah Sinotif, yang memang spesialis untuk ilmu matematika, fisika, dan kimia

Untuk menggali potensi anak, sekaligus meningkatkan kemampuannya, selama belajar bersama Sinotif, anak akan dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran, termasuk matematika, fisika, dan kimia.

Guru-guru Sinotif juga punya standar nilai yang tinggi, dan telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi anak, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan anak Anda untuk menjadi peserta Bimbel Online Sinotif, dan nikmati lonjakan kemampuan matematika anak yang signifikan.

 

 

RELATED ARTICLES

Sinopsis Sang Pencerah

Film Religi Indonesia selalu menjadi salah satu pilihan film yang dicari terutama di bulan Ramadan. Dan bukan hanya menghibur, film bergenre religi ini juga memberikan pelajaran yang berharga yang dapat kita aplikasi dikehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah film Sang Pencerah, berikut ini sinopsis Sang Pencerah…

Cara Ampuh sebagai Penumbuh Rambut Bayi

Rambut bayi yang lebat dan sehat adalah salah satu tanda pertumbuhan dan kesehatan optimal. Namun, tidak jarang orangtua mengalami kekhawatiran jika melihat rambut bayi tumbuh dengan lambat atau tampak kurang tebal. Untuk membantu mendorong pertumbuhan rambut bayi, simak pembahasan beberapa cara ampuh penumbuh rambut bayi.…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *