Di media sosial beredar foto jalan tol longsor yang disebut sebut sebagai longsor di tol Ungaran, Jawa Tengah. Foto yang memperlihatkan lonsoran menutup seluruh ruas jalan tol tersebut dipastikan hoaks dan bukan foto tol Ungaran yang longsor. Foto tersebut dibagikan sejumlah warganet di media sosial, Minggu (31/5/2020).

Foto longsor yang menutup seluruh badan tol itu merupakan foto longsor jalan tol di Taiwan pada 2010. Foto longsor Taiwan itu dimuat di media Dailymail pada 26 April 2010. Anda bisa mengecek berita Dailymail tersebut lewat tautan ini:

Untuk diketahui, longsor memang terjadi di tol Ungaran pada Sabtu (30/5/2020) malam. Namun, kondisi longsor di Tol Ungaran tidak separah dalam foto di atas. Longsor di Tol Ungaran kini sudah teratasi dan akses tol kembali dibuka pada Minggu siang pukul 11. 00 WIB.

Hal itu berdasarkan keterangan Polres Semarang di akun twitternya. Sat Sabhara Polres Semarang bersama BPBD, Damkar Kab. Semarang dan TMJ melaksanakan Kegiatan Pembersihan Sisa Sisa Tanah Longsor di Tol KM 426 Ungaran Banyumanik. UPDATE : UNTUK JALAN SUDAH DIBUKA MULAI PUKUL 11.00 WIB BAGI PENGGUNA JALAN DIMOHON BERHATI HATI JAGA KESELAMATAN, " tulis Polres Semarang di akun twitter, @PolresSemarang.

Berikut foto foto kondisi longsor di tol Ungaran yang diunggah akun Polres Semarang: Diberitakan sebelumnya, musibahtanah longsor terjadi di sekitar Jalan Tol Ungaran Km 426 +600, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Minggu (31/5/2020) dini hari. Akibatnya, timbunan tanah dan batu menutupi jalur B Tol Ungaran atau arah Bawen Semarang.

Petugas Satlantas Polres Semarang pun mengimbau kendaraan yang menuju ke Semarang atau Jakarta keluar di exit toll Ungaran atau Bawen. Selanjutnya beralih ke jalur utama Bawen Semarang. Keterangan ini disampaikan melalui video yang beredar luas di media sosial, terutama Facebook dan WhatsApp Group.

Selamat malam, kami dari Satlantas Polres Semarang izin melaporkan. Tepatnya berada di Tol Ungaran Km 426 +600. Jadi telah terjadi tanah longsor," demikian keterangan Harjono dari Polres Semarang dilihat .

Adapun proses evakuasioleh Trans Marga Jateng dan kepolisian menunggu kedatangan alat berat. Di video terlihat, tumpukan tanah dan batu menutup jalur yang digunakan kendaraan ke arah Banyumanik, Semarang. Untuk diketahui, hujan deras beberapa kali terjadi pada Sabtu sore dan malam hari di Ungaran dan sekitarnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *