Sebanyak 13 tenaga medis diRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif virus corona (Covid 19). Tenaga medis tersebut diduga tertularsetelah merawat salah seorang pasien positif corona yang pernah dirawat di RSUD Padang Panjang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuwar pada Kamis (30/4/2020) malam.

Nuryanuwar menjelaskan, pasien yang menjalani perawatan di RSUD Padang Panjang itu sedang hamil tua. Sebelumnya, pasien tersebut dirujuk dari puskesmas karena terindikasi terpapar virus corona pada 24 April 2020. Kemudian, pada hari berikutnya kembali dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

Sehingga, pasien tersebut dilakukan tes swab dan hasilnya dinyatakan positif. "Kami langsung melakukan tracing dengan tenaga kesehatan yang melakukan kontak dekat kurang satu meter dengan pasien." "Terdapat 70 orang yang kami uji swab, dan 13 orang di antaranya dinyatakan positif," ujar Nuryanuwar, dikutip dari .

Nuryanuwar mengatakan,tenaga kesehatan di Puskesmas Kebun Sikolos juga dilakukan pemeriksaan. Diketahui, Puskesmas Kebun Sikolos merupakan tempat pasien itu memeriksakan diri pertama kali. Namun dari hasil pemeriksaan, tenaga kesehatan di puskesmasnegatif Covid 19.

Ia menambahkan, pihaknya tengah melacak riwayat perjalanan dari 13 tenaga medis RSUD Padang Panjang. "Kami saat ini masih melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak fisik dengan 13 orang tenaga kesehatan yang positif ini,"jelasnya. Sementara itu, Nuryanuwar mengatakan, sebanyak 70 tenaga kesehatan telah melakukan pemeriksaan swab di Laboratorium Unand.

Menurutnya, 70 tenaga medis itu berkaitan dengan riwayat NS yang pernah masuk IGD RSUD Padang Panjang pada Jumat (24/4/2020) lalu. NS merupakan seorang pasien positif corona asal Panyalaian Tanah Datar. Kini NS dirawat di RSUP M Djamil Padang.

Nuryanuwar menyampaikan, para tenaga medis yang melalui tes swab itu sempat kontak dekat dengan NS. "Dari perjalanan yang dilalui NS itu, dilakukan pemeriksaan kepada 70 orang tenaga kesehatan yang pernah kontak dekat dengannya jarak kurang dari satu meter," kata Nuryanuwar, Jumat (1/5/2020), dilansir oleh . Berdasarkan hasil pemeriksaan, 13 tenaga kesehatan itu dinyatakan positif ringan tanpa ada gejala.

Semua tenaga kesehatan yang positif Covid 19 berasal dari RSUD Padang Panjang dan tidak ada yang dari Puskesmas Kebun Sikolos. Ia menambahkan,mereka ada kemungkinan tertular dari suami NS yang juga positif corona. "Diduga tenaga kesehatan tersebut bisa juga terpapar dari suami NS yang kini juga positif Covid 19 dirawat di M Djamil," ungkapnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *