Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Martabak manis mini merupakan penganan yang sudah tak asing lagi di masyarakat Indonesia. Penjual martabak manis mini dapat anda temui di sejumlah sudut kota, sekolah maupun pusat keramaian.

Ada beragam variasi toping martabak manis mini yang menggugah selera dan bisa anda pilih. Seperti martabak manis black Forest, Martabak Manis Oreo, Martabak Manis Red Velvet, martabak manis Green Tea dan  lain sebagainya.

Namun jika anda ingin mencoba membuatnya, anda bisa  membuat sendiri martabak manis mini di rumah secara mudah dan simpel.

Cara Membuat Martabak Manis Mini Secara Simpel

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan cara membuat martabak manis mini di rumah secara simpel, antara lain:

  1. Persiapan alat. Yang paling utama adalah alat cetakan martabak manis ukuran mini. Anda dapat membelinya di toko perlengkapan masak terdekat.
  2. Persiapan bahan baku martabak mini. Yang meliputi:

-Butter sebanyak 25 gram yang sudah dilelehkan

-Soda kue secukupnya

-Gula putih sebanyak 30 gram

-Telor sebanyak tiga butir

-Ragi instant sebanyak setengah sendok teh

-Air putih sebanyak 300 ml

-Garam seperempat sendok teh

-Gula putih butiran-butiran lebih halus sebanyak 50 gram

-Baking powder sebanyak seperempat sendok teh

-Susu bubuk sebanyak 15 gram

-Tepung terigu protein sedang sebanyak 250 gram

  1. Cara Pembuatan

Masukkan garam, susu bubuk, baking powder, dan gula putih butiran halus serta tepung terigu ke dalam wadah. Lalu aduk secara merata.

Selanjutnya tambahkan air secara perlahan-lahan hingga tercampur merata. Tuangkan ragi lalu aduk rata kembali. Kemudian diamkan adonan dasar martabak manis mini selama kurang lebih setengah jam.

Pada tempat yang berbeda, anda bisa mengocok telor dan memberikan tambahan gula pasir, lalu aduk rata. Adonan tersebut kemudian dicampurkan pada adonan dasar martabak manis yang telah dibuat sebelumnya.  Setelah tercampur merata maka anda bisa menambahkan butter dan soda kue.

Kemudian pasang cetakan martabak manis mini di atas kompor dengan api sedang. Pengapian memegang peranan sangat penting dalam kesuksesan proses pembuatan martabak manis mini. Api yang terlalu kecil dapat mengakibatkan hasil martabak manis menjadi bantat. Begitu juga pengapian terlalu besar membuat martabak manis mini cepat gosong.

Tuangkan adonan martabak manis secukupnya pada cetakan. Kemudian tutup rapat sebentar  sampai bersarang. Selanjutnya beri taburan gula halus. Tutup lagi sampai martabak manis benar-benar matang. Langkah terakhir adalah mengolesi martabak manis menggunakan butter dan memberikan toping sesuai pilihan yang dikendaki. Misalkan coklat meises.

 

RELATED ARTICLES

Perhimpunan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Lima Puluh

Sejarah dan Latar Belakang   Perhimpunan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) adalah organisasi profesi yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia. PAFI memiliki tujuan untuk meningkatkan profesionalisme, kompetensi, dan kesejahteraan para anggotanya serta berkontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Salah satu cabang PAFI yang aktif…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *