Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Jika dibandingkan dengan sejumlah komponen mobil lainnya, dinamo starter mobil barangkali memang jarang menjadi perhatian utama para pemilik kendaraan. Pasalnya, komponen satu ini sekadar bertugas untuk menghidupkan mesin mobil di awal penggunaan. Kendati begitu, bagian ini akan cukup merepotkan Anda apabila ia bermasalah. Memang, sih, semua mobil Xpander bekas di situs Mocil tidak akan mengalami isu ini lantaran telah diperiksa total oleh mekanik berpengalaman. Namun, tidak ada salahnya untuk tahu beberapa penyebab masalah pada dinamo starter mobil, kan?

Menurut sejumlah pakar, penyebab utama masalah dinamo starter pada berbagai jenis mobil adalah kerusakan pada bagian solenoid starter. Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab lain yang bisa membuat dinamo starter rusak:

  • Putus sekring atau sistem kelistrikan lainnya

Putusnya sekring dinamo starter biasanya ditandai dengan tidak adanya reaksi pada dinamo starter ketika pemilik kendaraan memutar kunci kontak ke posisi start. Di luar itu, kondisi aki yang sudah mati juga masalah kelistrikan pada masalah kunci kontak mobil pun dapat menjadi penyebab masalah dinamo starter mobil.

  • Melemahnya sistem mekanik dinamo starter

Penyebab masalah dinamo starter berikutnya adalah melemahnya sistem mekanikal pada dinamo starter. Akibatnya, putaran mesin mobil menjadi terlalu lemah saat pemilik kendaraan memutar kunci kontak ke posisi start. Masalah pada komponen mesin atau motor dinamo tersebut juga dapat memicu tidak berfungsinya dinamo starter.

  • Rusaknya komponen pelengkap dinamo starter

Kerusakan pada ring gear, plunger pada magnetic switch yang rusak, terminal kunci kontak yang lengket, dan lain sebagainya juga merupakan bibit masalah dinamo starter mobil. Rusaknya komponen-komponen pelengkap dinamo starter ini akan membuat dinamo starter terus berputar dan menimbulkan suara berisik yang cukup mengganggu.

Itulah dia beberapa penyebab masalah dinamo starter mobil pada berbagai jenis mobil yang ada di jalanan. Meski terkesan sepele dan tidak terlalu penting, kerusakan pada dinamo starter mobil tentunya akan mengganggu mobilitas dan aktivitas harian Anda. Untuk itu, semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda, ya.

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *