Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Jaringan supermarket Papaya Fresh Gallery (Papaya) kini menjadi supermarket pertama di Indonesia yang mengadopsi refrigeran Solstice N40 (R 448A) dari Honeywell untuk sistem pendingin di seluruh cabangnya di Indonesia. Penggunaan teknologi ini menjadikan Papaya sebagai supermarket pertama di Indonesia yang menggunakan Solstice N40, kimia refrigeran yang ramah lingkungan dan memiliki potensi pemanasan global (GWP) sangat rendah. Penggunaan Solstice N40 dapat membantu Papaya mengurangi konsumsi energi mesin pendinginnya 10 persen lebih rendah dibandingkan dengan refrigeran R 404A yang digunakannya saat ini.

Solistice N40 berbasiskan teknologi hydrofluoroolefin (HFO) dan memiliki nilai GWP 68 persen lebih rendah dibandingkan pendingin hydrofluorocarbon (HFC) seperti R 404A. Dengan teknologi Solstice N40, konsumsi energi juga lebih sedikit dan efisien dibandingkan sistem pendinginan dengan menggunakan teknologi HFC. Lewat riset yang dilakukan di beberapa supermarket di Amerika Serikat dan Eropa, Solstice N40 terbukti mampu mengurangi konsumsi energi rata rata sebesar 5 15% lebih rendah dibandingkan dengan R 404A.

Solstice N40 bisa digunakan di mesin pendingin baru maupun lama sebagai retrofit refrigeran pada pendingin ber GWP tinggi, seperti R 404A dan R 507. Lewat kerja sama dengan Honeywell dan perusahaan manufaktur peralatan pendingin asal Jepang, Fukushima Galilei, Papaya berkomitmen memperbarui seluruh sistem pendingin komersil yang ada di cabang cabang Papaya di seluruh Indonesia dengan Solstice N40 dari Honeywell untuk menggantikan refrigeran R 404A. Pihak Honeywell menyebut, teknologi Solstice N40 digunakan banyak supermarket untuk memenuhi tuntutan regulasi, termasuk Amandemen Kigali pada Protokol Montreal, yang bertujuan mengurangi penggunaan HFC ber GWP tinggi.

Kini, lebih dari 30 ribu gerai di seluruh dunia telah mengadopsi Solstice® N40 sejak dirilis pada tahun 2015. "Kami memilih Solstice N40 karena teknologi ini paling diterima di industri supermarket global, sekaligus terbukti memiliki GWP terendah dan materialnya yang tidak mudah terbakar, sangat efektif digunakan sebagai pengganti seri HFC terdahulu," ujar Ichihara Kazuo, Direktur Papaya Fresh Gallery. "Lewat konversi refrigeran ke Solstice N40 ini, Papaya telah memenuhi standarnya untuk menghemat energi dan mengurangi jejak karbon," ungkapnya.

Solstice N40 telah resmi ditetapkan sebaga refrigeran A1 yang tidak mudah terbakar oleh American Society of Heating, Refrigerating and Air Conditioning Engineers (ASHRAE). Tom Liu, Vice President dan General Manager Honeywell Advanced Materials, Asia Pasifik mengatakan, dengan meningkatnya permintaan global terhadap refrigeran yang ber GWP rendah, tidak mudah terbakar dan mudah dipasang seperti Solstice N40, pihaknya bangga dapat bekerja sama dengan Papaya Fresh Gallery dan Fukushima Galilei untuk menghadirkan produk hemat energi di Indonesia.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *