Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Guyana, adalah negara berdaulat di daratan utara Amerika Selatan. Guyana juga satu satunya negara Persemakmuran di daratan Amerika Selatan. Dengan fakta fakta tentang Guyana, mari kita coba untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang ekonomi, orang, geografi, budaya dan sejarahnya.

1. Setelah Uruguay (176.215 km persegi) dan Suriname (163.821 km persegi), Guyana (214.970 km persegi) adalah negara terkecil ketiga di daratan Amerika Selatan. Negara negara Amerika Selatan lainnya adalah Brasil , Kolombia , Argentina , Peru , Venezuela , Chili , Ekuador , Bolivia , dan Paraguay (total 12 negara). 2. Guyana merdeka pada 26 Mei 1966 dari Britania Raya.

Populasi negara itu terdiri dari orang orang dari berbagai etnis termasuk China, Portugis, India Timur, Eropa, Amerindian, dan Afrika yang nyaman hidup berdampingan. 3. Menariknya, Guyana juga satu satunya negara Amerika Selatan di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Bahasa resmi negara negara Amerika Selatan lainnya adalah: Brasil Portugis; Venezuela Spanyol; Kolombia Spanyol; Argentina de facto Spanyol; Peru Spanyol, Chili Spanyol; Ekuador Spanyol; Bolivia Spanyol dan lainnya; Paraguay Spanyol dan Guarani; Suriname Belanda; Uruguay Spanyol.

4. Guyana menurut kamus Oxford Inggris berarti "tanah banyak air." 5. Belanda adalah yang pertama mendirikan koloni di Guyana dan kemudian datang Inggris. 6. Guyana memiliki sengketa wilayah dengan Venezuela dan Suriname.

7. Guyana memiliki tiga wilayah geografis utama. Satu adalah dataran rendah, yang lain adalah zona sabana, dan yang ketiga adalah wilayah pegunungan. 8. Guyana juga rumah bagi Air Terjun Kaieteur.

Air terjun ini memiliki panjang total 251 meter dan merupakan satu air terjun paling kuat di dunia dengan laju aliran air rata rata 663 meter kubik per detik. 9. Esafteribo dengan panjang 1.010 kilometer (628 mil) panjang, Sungai Courantyne pada 724 kilometer (450 mil), Berbice pada 595 kilometer (370 mil), dan Demerara pada 346 kilometer (215 mil) adalah empat sungai terpanjang di Guyana. 10. Sekira tiga perempat Guyana terdiri dari hutan.

Dan dari wilayah ini, 60% dianggap sebagai hutan primer. Beberapa bagian dari hutan hujan di Guyana hampir tidak dapat diakses oleh manusia. Dan negara ini memiliki laju deforestasi yang rendah.

11. Gunung Roraima ( Ketinggian: 2.810 m; Pendakian pertama: 1884 ) adalah titik tertinggi di Guyana. Gunung Roraima juga dikelilingi oleh Venezuela dan Brazil. Uniknya, titik tertinggi gunung itu adalah Batu Maverick, yang sepenuhnya terletak di Venezuela.

12. Guyana dibagi menjadi tiga kabupaten: Esafteribo, Demerara, dan Berbice. 13. Terlepas dari kenyataan Guyana memiliki banyak tutupan hutan, tanah purbanya tidak subur dan mayoritas populasinya tinggal di daerah pesisir. 14. Bagi mereka yang tinggal di pantai, bertani dan memancing adalah sumber pendapatan utama.

15. Guyana juga menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Kriket 2007 dengan Hindia Barat. Pertandingan dimainkan di Stadion Providence. Stadion ini menyelenggarakan enam pertandingan Piala Dunia antara 28 Maret 2007, dan 9 April 2007.

16. Menurut WHO, Guyana berada di peringkat kedua dalam kasus bunuh diri per kapita di seluruh dunia setelah Sri Lanka. 17. Bunuh diri massal terbesar dalam sejarah modern terjadi di Guyana ketika lebih dari 900 orang tewas pada 1978. Orang orang yang meninggal adalah pendukung Jim Jones, pemimpin sekte agama.

18. Sejak 1985, telah terjadi peningkatan penyakit terkait konsumsi air dan makanan di Guyana. Terlepas dari kenyataan setidaknya 90% dari orang yang tinggal di daerah pedesaan dan perkotaan memiliki akses ke air minum bersih. 19. Georgetown adalah ibukota dan pelabuhan utama Guyana.

20. New Amsterdam dan Georgetown adalah dua pusat komersial utama negara ini. 21. Bangunan kayu adalah bagian dari warisan negara tetapi sekarang memudar dengan kedatangan bangunan beton yang lebih umum. 22. Mayoritas makanan diproduksi secara lokal termasuk sayuran, buah buahan, minyak goreng, gula, ikan, daging, rum, dan nasi.

23. Ekspor gula dan rum adalah kegiatan komersial utama di negara ini. Pertanian adalah kegiatan utama di negara ini dan merupakan kontributor utama bagi ekonominya. 24. Pernikahan yang diatur adalah hal yang umum di antara populasi Hindu dan Muslim di negara itu.

Perempuan bertanggung jawab untuk mengasuh anak anak karena anak anak pada umumnya ditinggalkan oleh ayah mereka. 25. Dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak wanita daripada pria di Guyana menghadiri universitas. Perempuan sekarang memainkan peran penting dalam melakukan berbagai pekerjaan seperti pedagang kaki lima, perawat, guru, pegawai negeri, pedagang pasar, petani, dan juru tulis.

26. Universitas Guyana didirikan pada 1963. Ini juga merupakan tempat di mana banyak sarjana dan profesional terkemuka telah belajar. Universitas Guyana adalah satu satunya universitas di Guyana dan pendidikan tinggi sangat mahal bagi penduduk setempat.

27. Bahasa Spanyol, Portugis, Creole, dan Amerindian digunakan di berbagai bagian negara. 28. Orang Amerindian adalah penghuni asli daerah tersebut. 29. Warga beberapa negara tidak memerlukan visa untuk memasuki Guyana.

Ini termasuk Australia, Barbados, Belgia , Italia, Jamaika, Swiss, Spanyol, Portugal, Prancis dan banyak negara lainnya. 30. Tidak ada kereta api di Guyana baik layanan internasional maupun domestik. Selain itu, tidak ada jalan penghubung antara Guyana dan Venezuela.

31. Minibus adalah moda transportasi termurah di seluruh Guyana. 32. Suhu rata rata di Guyana berkisar antara 75 dan 87 derajat Fahrenheit. 33. Mashramani adalah festival tahunan yang dirayakan di Guyana untuk memperingati Kelahiran Republik.

Festival ini biasanya diadakan pada 23 Februari kecuali pada 2016 ketika itu dirayakan pada 26 Mei, di Guyana. 34. Air Terjun Kaieteur di Guyana adalah 5 kali ketinggian Air Terjun Niagara. Air terjun lain di negara ini meliputi: Air terjun Orinduik, Air Terjun Kumerau, dan 52 Air Terjun Drop.

35. Gunung Ayanganna adalah gunung tertinggi kedua di Guyana setelah Gunung Roraima. 36. Guyana terkenal dengan kerajinan indah buatan lokal yang meliputi lukisan, dompet, topi matahari, perhiasan imitasi, dan banyak item lainnya. Negara ini juga menawarkan beberapa perhiasan emas yang luar biasa.

37. Karena sebagian besar barang diimpor dari negara lain, biaya hidup di Guyana relatif tinggi. 38. Berbagai pilihan makanan ada di Georgetown, ibu kota negara itu. Pilihan menu di restoran di kota kota kecil seringkali terbatas pada hidangan kreol.

39. Dark rum adalah minuman populer di negara ini. Karena kelembaban tinggi dan suhu stabil di Guyana, proses penuaan rum di Guyana seharusnya sangat meningkat. Jadi, misalnya, rum berusia 8 tahun memiliki kematangan yang sama dengan rum berusia 16 tahun di negara lain. 40. Mauby adalah minuman terkenal yang biasanya tersedia di seluruh negeri.

Itu terbuat dari kulit pohon. Beberapa minuman umum lainnya juga termasuk jus tebu dan air kelapa. 41. Guyana menerima curah hujan rata rata 91 mm.

42. Dalam sepuluh tahun terakhir, tingkat melek huruf telah menurun di negara ini. 43. Orang orang dari negara berkembang dan miskin datang ke Guyana untuk mencari pekerjaan. Namun, mahalnya biaya hidup di Guyana membuat ekspatriat sulit bertahan di negara itu.

44. Di Guyana, homoseksualitas adalah ilegal. Seseorang bisa dijatuhi hukuman penjara seumur hidup jika tuduhan terbukti. Juga merupakan pelanggaran di negara ini untuk melakukan cross dress.

45. Air keran di negara ini tidak aman untuk diminum. 46. Malaria tersebar luas di sebagian besar Guyana. Demam kuning adalah endemik bagi Guyana.

Wisatawan ke area ini harus mendapatkan vaksinasi yang benar sebelumnya untuk menghindari masalah kesehatan. 47. Rumah Sakit Umum Georgetown adalah rumah sakit terbesar di negara ini yang terletak di ibukotanya. Namun, fasilitas di rumah sakit masih mendasar dan perlu perbaikan.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *