Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Asuransi barang Askrindo adalah pilihan tepat untuk melindungi barang-barang penting dan berharga yang dibeli atau diperdagangkan agar jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, nantinya pihak pemilik barang tidak mengalami kerugian secara finansial.

Tertanggung dan Manfaat

Askrindo alias Asuransi Kredit Indonesia merupakan perseroan terbatas yang bergerak di industri asuransi dan termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara. Asuransi barang dari Askrindo akan memberikan perlindungan terhadap barang atau objek yang hilang atau mengalami kerusakan selama di perjalanan. Pengguna atau tertanggung dari asuransi jenis ini adalah:

  • Perusahaan logistik
  • Perusahaan ekspor impor
  • Perusahaan ekspedisi
  • Barang milik pribadi / perorangan

Adapun manfaat yang bisa didapat oleh pengguna / pemegang polis asuransi jenis ini menurut Askrindo adalah memberikan ganti rugi atas kerusakan yang terjadi pada barang yang telah diasuransikan.

Jadi ketika barang yang sudah diasuransikan mengalami kerusakan yang bersifat total atau menyeluruh (membuat barang tersebut tidak bisa lagi digunakan atau kehilangan fungsinya), perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang untuk membiayai perbaikan barang agar kembali ke keadaan sebelumnya.

Kerusakan yang dimaksud di sini adalah ketika barang masih dalam perjalanan, bukan sudah sampai atau berada di tangan penerima / pemilik misalnya sudah 1 hari berada di tangan penerima dan sudah digunakan lalu karena kesalahan pengguna maka barang tersebut rusak, maka asuransi sudah hangus.

Lalu untuk penyebab kerusakannya sendiri meliputi beberapa kondisi seperti berikut:

  • Barang terbakar atau karena ledakan, baik pada kendaraan yang mengangkut barang atau selama barang berada di gudang.
  • Barang yang diangkut dengan kapal rusak atau hilang karena kapal pengangkut terdampar, tenggelam, atau kandas.
  • Barang mengalami kerusakan parah akibat kendaraan yang membawanya mengalami kecelakaan (tergelincir di jalan, tabrakan, kecelakaan tunggal, dsb.). Bisa juga karena kereta yang membawa barang keluar dari rel dan menyebabkan kereta kecelakaan, terbalik, atau lainnya.
  • Barang rusak karena huru-hara, tawuran, kerusuhan, perang, atau kejahatan lain seperti maling dan rampok.
  • Barang yang diasuransikan rusak total karena bencana alam, seperti banjir bandang, angin kencang / topan / badai, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, badai petir, tanah longsor, badai salju, dan lainnya.
  • Jika barang yang diasuransikan dibawa dengan kapal, lalu selama di perjalanan (di laut) terjadi ombak besar yang menyebabkan kontainer barang terkena air dan barang-barang di dalamnya rusak, maka klaim asuransi juga bisa dicairkan.
  • Barang hilang atau rusak selama proses loading (pemuatan barang ke dalam kendaraan) atau unloading (proses pembongkaran dari kendaraan), mungkin karena barang tersebut terjatuh, terlempar, atau hilang karena kesalahan sumber daya manusia.

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengasuransikan barang selama di perjalanan. Terutama bagi perusahaan besar yang memiliki agenda rutin untuk mengangkut banyak barang (lewat jalur darat, udara, maupun laut) asuransi jenis ini tentunya sangat dibutuhkan agar perusahaan tidak beresiko rugi.

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *