Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyambut baik rencana kerja sama Indonesia dengan Jepang terkait pengadaan obat Avigan untuk penangan pasien positif virus corona atau Covid 19. Kerja sama bisa dilakukan baik melalui mekanisme antar pemerintah (G to G), maupun maupun kesepakatan antar swasta (B to B). KBRI Tokyo dalam keterangannya di Instagram, Kamis (30/4/2020) menyambut baik dukungan Pemerintah Jepang dalam upaya Pemerintah Indonesia menangani penyebaran Covid 19.

Hal tersebut diumumkan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe melakukan pembicaraan pada 23 April 2020. Kedua pemimpin juga menyampaikan pentingnya memperkuat kemitraan dan kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua negara di tengah tekanan akibat pandemi corona. Indonesia menegaskan kesiapan dan harapan kepada Jepang untuk merelokasi sektor industri/ bisnis Jepang ke Indonesia.

Pembicaraan kedua kepala negara Indonesia dan Jepang menunjukan hubungan erat antara keduanya setelah sebelumnya Jepang juga mendukung pemulangan 78 WNI ABK Diamond Princess diawal tahun. Dalam upaya menghentikan penyebaran virus corona, Jepang juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang dinilai efektif mencegah penyebaran. Kerja sama tersebut juga membantu KBRI Tokyo melindungi WNI di Jepang, disamping upaya rencana mendatangkan peralatan medis yang diimpor dari Indonesia.

Kepala Perwakilan KBRI Tokyo, Tri Purnajaya optimis melalui kerja sama Indonesia dan Jepang, keduanya negara dapat menjalin hubungan yang lebih berat di masa depan. "Ditengah suasana Covid 19 ini saya berharap semua dapat bersabar dan saling membantu. Saya optimis dan yakin dengan kerjasama dan disiplin kita semua masalah ini bisa teratasi dan kita semua bisa berkumpul dan menjalin kerjasama dengan lebih baik lagi," ujar lewat video yang di unggah KBRi Tokyo, Kamis (30/4/2020). Perwakilan Indonesia di Jepang juga menegaskan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama Indonesia Jepang di segala bidang.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *