Heyugo Girl

Artikel Kecantikan Gaya Hidup Tips Sehat

Dalam kehidupan sosial anda tidak bisa terlepas dari yang namanya pertemanan. Bagaimanapun teman adalah orang yang dapat membantu, menghibur ataupun menemani anda di keadaan susah ataupun senang.

Namun, terkadang anda terjebak dalam situasi membingungkan, salah satunya adalah ketika mendapati seorang atau sekelompok teman anda ternyata memakai napza baik itu dalam bentuk ganja, sinte, heroin ataupun sabu sabu.

Apa yang harus dilakukan? Jika menjauh malah disangka sombong atau malah dituduh macem macem. Jika mendekat anda juga takut malah terbawa pergaulan ga bener yang ujungnya menjadikan anda pecandu narkotika.

So, ini adalah beberapa pilihan sikap yang dapat anda gunakan jika mendapati teman anda adalah seorang pengguna Narkoba.

 

  1. Membentengi Diri

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membentengi diri dengan ilmu agama yang kuat ataupun mempunyai impian-impian yang anda sadari tidak akan bisa diwujudkan jika anda terjerumus ke dalam narkoba.

Ketika seseorang mempunyai cita-cita seperti ingin menjadi TNI, Polisi, Pilot, Dokter ataupun cita-cita lainnya, kemungkinan besar ia akan menghindari hal hal yang berbau narkoba, karena ia akan menyadari jika menggunakannya akan menjauhkannya dari impiannya.

Bagaimanapun, penyalahgunaan narkoba adalah kehendak pribadi, jika anda bisa menolaknya dan membentengi diri dengan baik, mau berteman dengan siapapun, di lingkungan manapun jika ada yang menawari anda menggunakan narkoba anda pasti bisa menolaknya.

Selain ilmu agama dan memiliki impian. Anda juga harus membentengi diri dengan rasa kasih sayang yang kuat terhadap keluarga. Pikirkanlah, bagaimana jika anda menggunakan narkoba, bagaimana nasib keluarga anda, mereka pasti kecewa dengan sikap anda. Anda tentu tidak ingin mengecewakan mereka kan?.

  1. Berusaha Menjauhinya

Jika anda merasa tidak mempunyai benteng yang kuat dalam diri anda, hal yang paling mudah adalah menjauhi teman teman anda. Bagaimanapun, namanya dunia itu luas, ketika anda kehilangan teman satu anda bisa mencari yang lebih baik darinya.

Jangan pedulikan apa yang teman anda katakan, yang penting anda selamat dan menjauhi narkoba. Anda harus menyadari bahwasanya narkoba membawa kerugian untuk siapapun di sekitar anda, baik anda sendiri, keluarga ataupun tetangga. Pikirkan rasa malu orang tua anda jika mendapati anaknya seorang pecandu narkotika.

  1. Nasehati Secara Bersama sama

Pengguna narkoba rasanya sulit dinasehati, kalaupun nanti dinasehati dia kemungkinan akan marah atau menghardik anda dengan kata kata “sok baik”, “pentingin urusan diri sendiri” dan kata kata lainnya.

Tapi bagaimanapun anda harus berusaha menyampaikan itu, berdiskusilah dengan teman teman lain anda yang bersih dari narkoba. Pikirkan bagaimana caranya teman anda yang menggunakan narkoba dapat tersadarkan dari kesalahan yang dilakukannya. Ajaklah dia untuk misalnya ikut program Rehabilitasi Narkoba. Meskipun itu rasanya sulit, tapi tak ada salahnya dicoba. Siapa tahu dia mau mengikuti saran-saran anda dan anda bisa juga menyarankan untuk mengikuti program rehabilitasi yang bisa saya sarankan di ashefagriyapusaka.co.id.

  1. Laporkan Jika Diperlukan

Melaporkan teman yang menjadi pecandu narkoba adalah salah satu langkah yang dapat anda ambil untuk menyelamatkannya dan mengeluarkannya dari kecanduan. Anda bisa melaporkannya kepada pihak keluarga atau kepada pihak berwenang secara langsung.

Jangan lupa sebelum melakukan ini anda harus merundingkannya dengan beberapa pihak, setelah yakin buatlah kesepakatan untuk merahasiakan bahwa anda akan melaporkan teman anda tersebut.

Ini memang terkesan buruk, akan tetapi ketika melaporkan sebetulnya ini adalah wujud kepedulian anda kepada sahabat anda. Dengan misalnya dia ditangkap polisi, diharapkan ia bisa menyadari kesalahannya dan terbebas dari hal hal yang menghancurkan hidupnya di masa depan.

Namun, sebelum melakukan poin nomer 4 ini pastikan dilakukan secara matang, karena jika sampai anda diketahui melaporkan teman anda. Meskipun niatnya baik tapi nanti anda juga yang malah susah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Baubau: Mengawal Kesehatan Masyarakat dengan Profesionalisme

Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, tidak hanya memperkaya sektor ekonomi namun juga memperkuat sektor kesehatan melalui berbagai organisasi profesi yang bertugas menjaga kualitas pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Baubau, yang telah menjadi garda terdepan dalam memastikan ketersediaan dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *